PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.61589/cnhs0q83Keywords:
Bimbingan Konseling, Kepercayaan Diri, Peran GuruAbstract
Bimbingan merupakan salah satu aspek yang berfungsi untuk memberikan dorongan kepada setiap siswa di sekolah dalam meraih keberhasilan dalam studi. Perkembangan kepribadian siswa terbentuk melalui proses belajar dengan lingkungannya. Kepercayaaan diri bagian dari kepribadian siswa dan ini merupakan faktor penting bagi keberhasilan siswa untuk berinteraksi dengan lingkungannya. Dengan kepercayaan dirinya ini maka siswa dapat berkembang dan dapat menemukan potensi-potensi yang ada dalam dirinya. Tidak semua siswa memiliki kepercayaan diri yang teguh, guru bimbingan dan konseling memiliki peran yang penting dalam memupuk kepercayaan diri siswa. Layanan bimbingan konseling diberikan untuk semua siswa, agar setiap siswa dapat menentukan bakat-bakat, minat-minat maupun potensi-potensinya.
Downloads
References
Hakim Zun Azizul. 2006. Pengaruh Pelatihan Asertif terhadap Asertifitas Siswa Baru dan Keberanian serta Kepercayaan diri siswa untuk memutuskan kehendak baiknya. https://www. neliti unnes.com/2006/14/pdf 11 Oktober 2018
Juntika, A. N. (2017). startegi layanan bimbingan dan konseling. Bandung: PT. Refika Aditama.
McLeod, J. (2015). Pengantar Konseling Teori & Studi Kasus. Jakarta: Prenada Media Group.
Salahudin. (2017). Bimbingan dan Konseling pribadi. Jakarta: PT. Grafika.
Susanto, A. (2018). bimbingan dan konseling di sekolah. jakarta: prenadamedia group. Yusuf, S. (2017). bimbingan dan konseling perkembangan suatu pendekatan komperehensif. bandung: PT. Refika Aditama.
Widyowati. (2006). Meningkatkan Kepercayaan Diri Melalui Modelling (Penelitian Pada Siswa Kelas X SMU Negeri 2 Surabaya Tahun ajaran 2006/2007.https://www.neliti.com/2006/03/pdf 11 Oktober 2018
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Margaretha Seveningsih (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.